Belajar Memilih Toner Yang Berkualitas, Toner Blueprint Pilihannya


Hi, kawan-kawan berjumpa lagi dengan BelajarAsik, pada artikel khusus kali ini kita akan belajar bagaimana sih cara memilih toner printer yang bagus? Yang tentunya hemat dan juga handal. Nah sebelumnya kawan-kawan disini ada yang tau gak toner itu apa? Kalau printer (pasti tau deh)?? Ya jadi sekilas info buat yang belum megetahui toner itu apa saya akan menjelaskan sedikit dibawah :

Apa Itu Toner Printer?

Jadi,Toner atau tinta bubuk adalah serbuk yang digunakan pada pencetak laser dan mesin fotokopi untuk membentuk cetakan teks dan gambar pada kertas. Pada masa-masa awal, serbuk yang digunakan adalah karbon biasa. Namun, untuk meningkatkan mutu cetakan, bahan yang digunakan adalah campuran karbon dengan polimer. Partikel-partikel pada tinta bubuk meleleh karena panas pada pelebur (fuser), dan kemudian melekat pada kertas. Dan pada era teknologi seperti ini untuk mendapatkan hasil print atau cetak yang cepat dan berkualitas seperti dokumen,laporan tugas-tugas, makalah pokoknya yang bejibun memang cocok memakai mesin printer laser jet, maka dari itu kita perlu memilih toner yang tepat dan berkualitas untuk kepentingan kita masing-masing.


“ohhh... Jadi toner itu tinta berupa bubuk dalam printer laser ya!!!”


Iya betul sekali, akan tetapi jangan sembrono dalam memilih toner printer ini karena akan sangat berpengaruh sekali dalam hasil percetakan seperti gambar berikut ini :


Nah jelekkan hasilnya kalau tidak memakai toner yang baik?? Bayangkan saja jika kalian misalnya ingin mencetak hasil foto kalian dengan menggunakan toner yang tidak baik maka foto kalian akan buram, garis-garis, pudar dan lain sebagainya. Untuk itu pada artikel kali ini BelajarAsik akan memberitahu cara memilih toner yang berkualitas, mau tahu??


“iya...saya mau tau dongg!!”


Memilih Toner Printer yang Berkualitas :

1. Kualitas cetak.     
Density dari cetakan, tingkat kepekatan dari hasil cetak biasanya merupakan pertimbangan utama untuk menentukan jenis toner yang tepat. Kemampuan untuk menghasilkan perbedaan yang nyata dan jelas pada beberapa tingkat warna abu-abu (raster). Kebersihan hasil cetakan, toner yang tidak tepat akan menyebabkan cetakan kotor, dengan istilah backgorunding.

 2. Sifat kimia toner
Anda juga harus mempertimbangkan derajat suhu lebur/leleh toner diatas kertas dan stabilitasnya. Toner yang mudah meleleh tidak akan mudah mengelupas dan menyebar diatas kertas. Toner yang diformulasi dengan baik, tidak lengket dan tidak meninggalkan bekas di Fuser Roller dan Pressure Roller pada printer setelah menggunakan cartridge yang diisi dengan toner tersebut.

 3. Kontinuitas kualitas cetak.
Hal penting lainnya adalah partikel toner haruslah seragam. Semakin seragam ukuran partikel toner, maka diperlukan proses manufacture yang semakin komplek dan harga jualnyapun juga akan semakin tinggi.

 4. Jumlah cetakan yang dihasilkan
Pada sebuah cartridge isi ulang, perlu diperhatikan jumlah lembar cetakan yang dihasilkan pada coverage 4%-5%. Beberapa refiller menyatakan, dengan mengisi penuh cartridge maka sudah menyelesaikan masalah. Namun ternyata tidak sesederhana itu, ada dua factor utama yang mempengaruhi kapasitas cetak sebuah cartridge isi ulang,

- Pertama adalah jumlah toner yang mampu tertransfer ke kertas
- Kedua adalah berat jenis toner, toner yang memiliki nilai berat jenis besar akan lebih cepat habis daripada yang kecil.

 5. Sifat kekasaran toner
Secara teori bentuk partikel toner seharusnya bulat, pada kenyataanya toner berkualitas baik memiliki bentuk partikel oval. Sedangkan toner kualitas rendah memiliki bentuk partikel yang tidak seragam, bergelombang dan tidak beraturan. Toner yang memiliki sifat kasar (abrasive) akan menyebabkan goresan pada komponen cartridge (seperti OPC Drum, Developer Roller dan Cleaning Blade) dan bahkan pada printer (upper fuser roller). Hal ini akan memperpendek usia pakai cartridge maupun printer.

kalau berdasarkan ciri-ciri sih bisa berdasarkan ini :


- Hitam pekat
- Hemat 
- Tidak Tebal dan Juga Tipis
- Hasil Cetakan Rata
- Aman untuk segala printer


Nah.. Jika kalian bingung mau cari toner printer dengan kriteria diatas saya punya saran nih dan rekomendasi banget untuk toner yang satu ini, yaitu Toner Blueprint Hitam & Hemat. Mengapa Toner Blueprint? Ini dia alasannya beserta ulasannya :



1. Menggunakan 100% Komponen baru pada catridge

Dengan memggunakan 100% komponen baru pada toner catridge blueprint ini tentunya kualitas produknya semakin terjamin dan membuat kenyamanan pada pemakainya.

2. OPC jepang pada Multi Layer Coating

Selain menggunakan komponen baru, pada toner catridge blueprint ini juga menggunakan salah satu teknologi dari jepang dalam meningkatkan kualitas produknya sehingga membuat lapisan menjadi tebal dan rata.

3. Ukuran Granule Ketat Pada Toner Powder

Dengan tingkat kepekatan yang ketat pada granule toner powder blueprint membuat hasil cetakan menjadi hitam pekat dan jadi semakin jelas, lebih bagus daripada yang original.

4. Melting Point Spesific untuk setiap Catridge

Dengan menggunak toner blueprint Meelting point menjadi pas, apabila meelting point tidak pas baik ketinggian atau kerendahan maka akan menimbulkan efek scratch, ke abu-abuan, powder gosong, dan ghsoting pada hasilnya nanti.

5. Hasil Print Hitam Pekat dan Volume cetak lebih baik dari Original

Banyak para produsen toner catrdige yang meraskan dilema bila mengejar tingkat hitam yang baik, maka volume cetak dikorbankan, dan bila volume cetak yang diutamakan, warna jadi abu-abu akan tetapi Dengan memakai toner blueprint ini, maka hasil yang didapatpun akan menjadi lebih hitam dan volume cetak lebih baik dari original.

6. Handal

Mengapa saya bilang handal karena seperti pada gambar diatas kita tahu bahwa dengan memakai toner blueprint ini kita tidak akan menemui yang namanya ghosting, hasil cetakan terkikis, hasilnya jadi tebal tipis, akan tetapi selain bagus hasilnya juga bisa cetak diatas kalkir dan tahan terhadap bensin dan alkohol.

7.  Banyak Pilihan Produknya



Toner Blueprint juga menawarkan Promo yang sangat wow bagi para pemakainya yaitu meminjamkan printer gratis bagi para pemakai Toner Blueprint sebanyak 12toner/tahun.
 


Selain itu dengan memakai Toner Blueprint kita juga akan dikasih garansi yang lebih lama dari original



Prestasi Toner Blueprint :


 

“ Blueprint meraih piagam MURI no. 3596 dengan mencetak 18.000 lembar teks hitam dari satu cartridge tanpa garis.”
"36.100 lembar bukti otentik HITAM DIATAS PUTIH , dipamerkan di museum Rekor MURI semarang."
“Saat pemecahan rekor berakhir keadaan printhead masih sempurna. Piagam diserahkan pada tanggal 26 Februari 2009 oleh Bp. Jaya Suprana.”


Jadi udah tau kan toner printer yang berkualitas apaan?? Tentu saja Toner Blueprint jawabannya, Urusan nge-print pakai Blueprint, pilih toner ya toner Blueprint :). Mungkin itu saja artikel dari BelajarAsik kurang lebihnya mohon maaf sekian dan terima kasih.
#TonerBlueprintHemat 

Nah jika kalian ada yang mau ditanyakan bisa langsung cek websitenya disini : Blueprint

Refrensi Penunjang :

Blueprint-indonesia
https://id.wikipedia.org/wiki/Tinta_bubuk 
http://aishapurnama.blogspot.co.id/2011/09/cara-memilih-toner-yang-tepat-untuk.html


Previous
Next Post »

2 comments

Click here for comments
February 28, 2016 at 2:41 PM ×

Bisa dicoba nh..nice artikel 😀

Balas
avatar
admin
March 8, 2016 at 7:32 PM ×

asek...
toner blueprint ini emang keren ya.
kualitas handal, irit bahkan lebih hitam daripada yang original hohoho
nais artikel sob

salam hoki dan salam blogger

Balas
avatar
admin
Thanks for your comment